Belajar Branding dalam Membangun Bisnis - akuiki
Baru Update
Loading...

Belajar Branding dalam Membangun Bisnis


Kamu pasti sudah sangat sering mendengar isitilah branding bukan? Brand dalam bahasa Indonesia berarti merek. Tentu saja brand dan branding itu berbeda. Branding artinya kegiatan komunikasi dalam memperkenalkan merek agar diketahui oleh orang banyak. Jadi sebenarnya ada banyak referensi mengenai apa itu branding. Tentu semua benar, tergantung bagaimana pemahaman masing-masing dari kamu sendiri. 

Setelah kamu mengenal apa itu branding, kamu juga harus memahami apa saja yang terkandung didalam sebuah kegiatan branding. Beberapa diantaranya adalah:

- Nama Merek Dagang/Produk
- Desain Visual/Grafis Logo
- Alat-alat promosi/Stationery
- Slogan
- Audio ataupun lagu merek
- Video promosi
- Kemasan Produk

Branding bukan hanya untuk sebuah produk. Branding juga banyak jenisnya diantaranya ialah:


Personal Branding

Branding ini banyak digunakan oleh publik figur ataupun tokoh masyarakat untuk membangun citranya agar lebih dikenal lagi oleh orang banyak. Personal branding memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam mengangkat nama seseorang sesuai tujuannya dikenal seperti apa ditengah masyarakat.

Branding Perusahaan

Lebih bertujuan untuk peningkatan citra dan reputasi dari sebuah perusahaan. Branding ini membawa semua unsur perusahaan dimulai dari produk sampai keseluruh karyawan dari perusahaan tersebut.

Branding Pariwisata

Merupakan kegiatan membangun citra dari tempat-tempat wisata. Semua jenis wisata baik wisata keluarga, wisata alam sampai wisata minat khusus pun bisa dibangun brandingnya. Sehingga tempat wisata tersebut akan semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.


Apa sih fungsinya membangun Branding?

Ada beberapa fungsi dari kamu membangun sebuah branding, yakni:

- Diferensiasi Produk

Tentu konsumen menginginkan produk yang uniq atau beberbda dari produk yang biasa. Ini akan menambah minat beli masyarakat terhadap produk kamu. Ini juga akan menjadi uniq selling Proposition (USP) produk kamu.

- Promosi & Daya Tarik

Membangun produk yang memiliki daya tarik dan promosi yang tepat itu sangat penting, sehingga dengan membangun branding yang baik akan memudahkan kamu dalam menjual produk. Apalagi produk kamu sudah memiliki video dan desain grafis yang khas untuk promosi.

- Membangun Citra

Branding dapat membuat produk anda jadi lebih mudah diingat dan dipercaya oleh masyarakat. Ini sangat penting karena produk kamu akan memiliki daya saing yang kuat dengan produk-produk lain. Sehingga produk kamu dapat mengendalikan pasar.

Bagaimana sahabat akuiki? Sudah siap dalam membangun Branding kamu?


Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done