Daftar Hobi Positif Yang Baik Untuk Pengembangan Diri - akuiki
Baru Update
Loading...

Daftar Hobi Positif Yang Baik Untuk Pengembangan Diri



Hobi adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk dijalani oleh seseorang. Seseorang yang memiliki hobi tertentu akan antusias dalam menjalankannya. Tak heran, ketika melakukan hobinya seseorang bisa menjadi lupa waktu karena saking asiknya.

Kegiatan bersenang-senang tersebut sering dianggap hal yang percuma. Padahal ada beberapa hobi positif yang baik untuk pengembangan diri. Selain itu, hobi bisa menunjang karir apalagi jika memiliki sebuah komunitas yang mendukung hobi tersebut.

Pengembangan diri yang dilakukan pada hobi seseorang akan membuat pikiran lebih segar. Sebab, akan mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas bekerja. Apa saja hobi positif untuk pengembangan diri? Ini dia ulasannya:

1.     Yoga


Yoga dipercaya dapat memberikan efek yang positif dalam pengembangan diri terutama di dunia kerja. Hal ini berkaitan dengan cara pekerja dalam menghadapi tekanan. Berlatih yoga juga bisa membuat konsentrasi meningkat dan stress dapat teratasi. Keuntungan lain memiliki hobi yoga adalah membuat badan lebih sehat dan penampilan menjadi lebih menarik.

2.     Bermain Musik


Pengembangan diri bisa dilatih dengan belajar memainkan instrumen musik. Sebab, tidak mudah untuk dapat bermain musik dengan baik. Perlu sikap pantang menyerah dan mau belajar hingga nada-nada yang mengalun dari alat musik menjadi indah.

Hal tersebut sangat membantu Anda dalam proses pengembangan diri sehingga memperoleh kesuksesan. Musik juga sering dianggap dapat meningkatkan mood dalam bekerja serta meningkatkan kreativitas.

3.     Belajar Bahasa Asing


Hobi yang satu ini sangat berguna bagi pengembangan diri. Sebab, saat ini untuk menunjang karir perlu menguasai bahasa asing dengan baik. Apalagi tren ekonomi yang semakin tak terbatas dan terjalinnya hubungan ekonomi antar negara di dunia mengharuskan penguasaan bahasa asing yang mumpuni.
Anda bisa lebih mengembangkan diri dengan bekerja di perusahaan asing jika memiliki hobi belajar bahasa asing.

4.     Membaca


Membaca adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah wawasan. Semakin luas wawasan Anda, maka pengembangan diri pun menjadi lebih mudah terjadi. Pilihlah topik bermanfaat dan menarik agar memudahkan Anda terlibat dalam pembicaraan bersama relasi atau rekan bisnis. Hubungan dan kerjasama dalam pekerjaan pun akan lebih meningkat.

5.     Gadget


Seperti dua sisi pisau, gadget memiliki pengaruh positif jika digunakan untuk hal-hal bermanfaat. Namun, disisi lain dapat berbahaya jika digunakan untuk hal-hal negatif. Nah, dengan adanya gadget, segala macam informasi bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hal ini tentu akan mempermulus proses pengembangan diri Anda.

Seperti meningkatkan skill. Di internet terdapat segala jenis informasi yang dapat menambah skill Anda. Hanya dengan sentuhan jari pada gadget maka Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat mengembangkan potensi.

6.     Menulis


Hobi menulis ternyata bisa membuat pikiran menjadi lebih tajam. Menulis sangat bermanfaat bagi pengembangan diri sebab Anda bisa menuangkan perasaan, pikiran, ide, dan isi hati. Hal tersebut juga menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Bahkan menulis juga bisa menghasilkan loh.. kalau saja Anda menuangkannya kedalam sebuah blog seperti artikel Ide Bisnis Dari Hobi Menggunakan Blog

Selain itu, segala hal bisa menjadi lebih sistematis jika Anda suka menuliskan agenda dan rencana di buku ataupun laptop. Nah, jika Anda akan melakukan presentasi dalam pekerjaan, menuliskannya tentu akan lebih mudah dipahami oleh rekan kerja.

7.     Olahraga Tim


Bermain sepak bola, basket, voli, dan olahraga tim akan membantu Anda dalam pengembangan diri. Sebab, nilai-nilai sportivitas dan kekompakan akan terpupuk. Hal tersebut berguna saat Anda sedang membangun relasi dan bermanfaat untuk hubungan bisnis suatu hari nanti.

Nah, hobi yang menyenangkan ternyata dapat bermanfaat bagi pengembangan diri. Efek positifnya dapat Anda rasakan dalam pekerjaan maupun dalam menjalin hubungan. Demikian semoga bermanfaat.

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done