Kesalahan Ini Dapat Menghentikan Pengembangan Diri Anda - akuiki
Baru Update
Loading...

Kesalahan Ini Dapat Menghentikan Pengembangan Diri Anda



Dalam proses pengembangan diri, jatuh adalah hal yang sangat wajar terjadi. Untuk menggapai kesuksesan, tentu dibutuhkan hati yang terluka dan semangat yang patah karena kegagalan. Lihat saja dalam proses pembuatan mutiara. Sebab, kerang yang menghasilkan mutiara yang sangat berharga berasal dari kerang yang terluka. Mustahil terbentuk mutiara pada kerang jika tidak dilukai dalamnya.

Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati terhadap kesalahan-kesalahan berikut ini. Bukan tidak mungkin kesalahan ini bisa membuat pengembangan diri menjadi terhenti dan akhirnya Anda menyerah. Kesuksesan yang Anda impikan-pun hanya menjadi angan-angan saja. Nah, apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Ini dia pembahasan lengkapnya:

1.     Tidak Segera Bertindak


Jika Anda berpikir bahwa dengan mengikuti berbagai seminar motivasi, membaca buku, atau blog mampu mengubah hidup. Maka hal tersebut merupakan pemikiran yang salah. Pengetahuan tidak akan menghasilkan apapun jika tidak dibarengi dengan melakukan sebuah tindakan.

Yang bisa mengubah Anda adalah diri sendiri. Orang lain hanya bisa memberi dukungan dan nasihat. Namun, pengembangan diri hanya bisa diperoleh dengan melakukan sebuah tindakan. Mulailah dari hal kecil yang bisa Anda lakukan. Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan takut untuk memulainya. Kegagalan adalah hal yang biasa bagi seorang pemenang.

2.     Menyerah


Banyak orang yang ketika mengalami kegagalan pertama, kedua, dan ketiga akan berpikir bahwa yang dilakukan adalah percuma. Sehingga orang tersebut akan merasa dirinya tak bisa berubah. Lalu muncullah pikiran untuk membiasakan diri bahwa orang tersebut memang seperti itu.

Padahal, berpuluh kali kegagalan tidak ada artinya jika dilihat dari sudut pandang berbeda dan dalam jangka panjang. Anda harus mengalami kegagalan untuk menguasai sesuatu dan terus berkembang.

3.     Terlalu Khawatir Terhadap Perkataan Orang Lain


Orang-orang disekitar Anda lebih cenderung bereaksi negatif terhadap perubahan yang sedang Anda lakukan. Hal tersebut wajar terjadi, sebab sebenarnya orang-orang merasa khawatir akan kehilangan diri Anda dengan perubahan tersebut. Mungkin juga mereka tidak ingin melihat perubahan pada diri Anda karena akan membuat dirinya merasa diam di tempat.

Berbagai opini akan muncul termasuk semua yang Anda lakukan sia-sia, kehidupan nyata tidaklah sama dengan yang tertulis di buku. Opini-opini di sekitar yang membuat Anda down harus mulai disingkirkan dari otak.

Anda harus mulai melepaskan diri dari pengaruh orang tersebut. Jika tidak lekas melepaskannya, pengembangan diri Anda akan terhenti dan selamanya akan hidup di bawah bayang-bayang orang lain.

4.     Gagal Memahami Diri Sendiri


Dalam proses pengembangan diri, pertama ubah diri Anda. Pahami proses yang terjadi dalam diri Anda. bagaimana ego dan emosi Anda bekerja. Bagaimana pengalaman pada masa lampau dan apa saja kebiasaan yang dapat mempengaruhi diri Anda.

Anda harus mawas diri dan menyadari apa proses yang terjadi saat marah, cemburu, depresi, atau iri hati. Anda harus mencoba untuk bertindak dengan cara yang berbeda seperti yang biasa dilakukan. Terapkan apa yang telah dipelajari untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Jika Anda tidak memiliki kendali atas tindakan yang akan Anda lakukan, maka berarti Anda telah gagal memahami diri sendiri.

5.     Tidak Bertanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri


Bertanggung jawab terhadap diri sendiri adalah hal yang paling penting untuk pengembangan diri. Jangan menyalahkan orang lain atas kegagalan yang terjadi. Anda lah satu-satunya orang yang dapat merubah diri sendiri.

Itulah beberapa kesalahan yang dapat menghentikan pengembangan diri. Terus pacu diri sendiri meskipun harus gagal berkali-kali. Serta lakukan analisa agar Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan kemampuan yang lebih hebat.

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done