5 ALASAN HARUS PUNYA WEBSITE - akuiki
Baru Update
Loading...

5 ALASAN HARUS PUNYA WEBSITE

 



Banyaknya kendala yang menghambat UMKM untuk mempunyai website, mulai dari wawasan yang minim tentang website, teknis, masalah dana, dan lain-lain. Tercatat dalam google indonesia saat ini hanya 16% UMKM yang sudah mempunyai website. Jika UMKM mengetahui bahwa online mampu tumbuh 80% lebih cepat dibandingkan UMKM non-online. Bukan hanya itu, UMKM online juga dapat tumbuh 1,5 kali lebih cepat dalam segi sumber daya manusia dibandingkan dengan UMKM non-online.

Ini adalah sebuah kesempatan untuk mengembangkan usahamu! Terlebih lagi menghadapi era new normal, mau tidak mau,suka tidak suka kamu harus lebih melirik digital agar mampu bertahan di tengah kondisi sekarang ini. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan situs web untuk memperkenalkan usahamu lebih luas lagi. Agar kamu tidak lupa, berikut ini kami ingatkan kembali 5 manfaat mempunyai website untuk usaha kamu.


1. Menghadapi Persaingan 

Mungkin dulu kamu berpikir bahwa akun media sosial saja sudah cukup. Namun kamu harus tahu, bahwa mereka yang tidak mempunyai  situs web tidak akan dapat bersaing dengan yang sudah  mempunyai situs web. Karena, jangkauan website lebih luas cakupannya dibandingkan media sosial. Media sosial mungkin sangat berpengaruh besar dalam cakupan komunitas, namun website bisa melakukan hal yang lebih dari itu. Selain itu, setiap konsumen akan lebih menganggap serius brand yang memiliki  situs website dibanding yang tidak memiliki situs website. Mereka juga beranggapan brand yang memiliki website lebih berkualitas dibandingkan yang tidak punya website. Meskipun kenyataannya juga belum tentu begitu, tetapi itulah yang otomatis terjadi di dalam pandangan konsumen di era sekarang ini. 


2. Melakukan Pemasaran 

Menurut kamu hal apa yang paling ingin orang lihat dari website-mu? Ya, tentu saja produknya kan. Apabila mereka sudah pernah datang berkunjung sekali ke tokomu dan puas dengan produk dan pelayanan yang kamu berikan, maka mereka akan datang ke website untuk melihat produk apa lagi yang kamu punya, dan pelayanan apa yang ditawarkan brand-mu untuk konsumen. Bukan hanya itu, dengan website, konsumen juga akan lebih gampang merekomendasikan produkmu kepada orang-orang terdekat atau orang-orang yang mereka kenal. Mereka dengan gampang nya  membagikan link website-mu ke mana pun tanpa batasan jarak dan waktu. Ini tentu sangat sulit terjadi jika kamu belum mempunyai website, bukan?


3. Membangun Branding

Ketika kita bicara tentang branding, mungkin yang pertama terlintas di benakmu adalah logo. Ya, Memang benar bahwa logo adalah bagian dari suatu branding. Akan tetapi lebih jauh lagi, branding adalah identitas yang akan selalu diingat di benak para konsumen. Ini yang akan membuat suatu brand lebih dikenali dari yang lain. Jadi bukan hanya sebuah logo, kamu juga harus memperhatikan font, layout, desain dan warna secara keseluruhan. Dan yang lebih penting lagi, kamu harus memperhatikan narasi apa tentang brand yang ingin kamu bangunatau buat dalam sebuah website.


4. Bahan Analisa

Dalam situs web terdapat banyak data, sehingga sangat mudah untuk bisa melihat dari mana pengunjung masuk, jam berapa, dan apa saja yang mereka cari untuk sampai kesana.

Hal ini sangat penting bagi pemilik usaha termasuk usaha yang masih kecil. Tidak akan ada lagi dugaan-dugaan karena semua bisa dilihat secara nyata dalam data, terutama tentang perilaku dan cara berpikir seseorang. Siapa saja Pemilik situs web pasti dapat melihat berapa lama audiens mereka tetap login ke suatu halaman. Mereka juga dapat melihat kata kunci mana yang mereka cari. Dan mereka dapat melihat situs mana yang mereka tuju setelah situs mereka.


5. Simbol Kredibilitas 

Jika dahulu orang selalu menilai kredibilitas suatu brand terlihat dari tampilan fisik toko dan etalasenya, tetapi sekarang orang lebih sering melihat dari tampilan situs website-nya. Justru yang lebih mendasar lagi yaitu, Apakah brand ini sudah mempunyi website? Brand yang sudah memiliki website akan lebih terlihat sebagai brand yang terbuka terhadap kemajuan usahanya dan pasti selalu up-to-date. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kredibilitas usahamu. Di era digital saat ini, ketika kita membangun sebuah website itu merupakan investasi yang bijaksana yang memang sangat diperlukan baik untuk usaha yang sudah besar maupun usaha yang masih kecil agar lebih dikenal. 

 Tertarik untuk membuat website untuk bisnis kamu? silahkan pesan disini.

 

 

 

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done