Jurus Rahasia Cepat Belajar SEO - akuiki
Baru Update
Loading...

Jurus Rahasia Cepat Belajar SEO


Sebelumnya, saya ingin menyampaikan salam untuk seluruh Blogger yang ada di dunia, khusunya para Blogger Indonesia. Langsung saja pada saat ini saya akan memberikan tutorial mengenai Jurus Rahasia Cepat Belajar SEO untuk anda yang ingin menjadikan blog ataupun website menjadi banyak pengunjungnya dan terdaftar di setiap mesin pencari (Search Engine). 

Bagi seorang blogger, SEO (Search Engine Optimize)  adalah merupakan hal utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan blog itu sendiri. Semakin baik SEO semakin hebat pula blogger yang memilikinya. Sehingga tak jarang SEO sangat sering dibicarakan dan menjadi pembahasan pokok utama  para blogger. Mulailah dari sekarang untuk mempelajari tentang SEO dan menjadi blogger yang sukses.



Proses untuk meningkatkan pengunjung blog anda memang cukup sulit dan membutuhkan kesabaran yang tinggi. Untuk itu anda diharpakan agar tetap konsisten dalam meningkatkan kualitas SEO anda. Karena apabila anda sendiri yang tidak konsisten dalam proses meningkatkan pengunjung dan menjadikan SEO anda menjadi lebih baik, akan membuat semua yang telah anda lakukan menjadi terbuang percuma saja.

Baik mungkin anda sudah tidak sabar untuk mempelajari Jurus SEO dari saya, langsung saja kita masuk pada jurus pertama :

1. Gunakan template yang SEO friendly 

Sudah ada sangat banyak template SEO friendly yang gratisan maupun premium. Tetapi itu semua tergantung daripada anda dalam menggunakan template dengan design yang banyak bentuknya. Untuk itu anda harus cermat dan teliti dalam memilih template yang baik.

Seperti apakah Template SEO friendly itu ?

Dapat dijadikan contoh seperti template yang saya gunakan di dalam blog ini :


Mengapa menggunakan template ini ?

Ada banyak alasan saya menggunakan template ini, diantaranaya adalah : 
  • Template simple dan ringan (fast loading) : Mesin pencari lebih memilih blog yang ringan dan mudah di kunjungi.
  • Template menggunakan Related post : Memudahkan pengunjung untuk melihat artikel yang berkaitan lainnya.
  • Template dengan susunan yang rapi : Dengan susunan artikel maupun widget yang tersusun rapi sehingga dapat memudahkan pengunjung.
  • Template menggunakan Tag heading : Penataan tag H1, H2, H3 yang sesuai sehingga dapat memudahkan robot Google untuk merangkak (crawl) postingan anda.
  • Template menggunakan Share button social media : penggunakan share button social media disetiap postingan sangat penting untuk mempromosikan blog anda.
  • Template yang unik dan keren : Bagian ini juga sangat penting agar pengunjung juga merasa puas melihat tampilan blog anda.




2. Gunakan Meta description dan Tag

Penggunaa Meta description dan tag diperlukan untuk memudahkan mesin pencari dalan mengindeks atau meletakkan blog anda anda kedalam daftar urutan mesin pencari tersebut. Dalam memasang meta description dan tag juga harus dengan keteletian yang tinggi sebab apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya dapat menjadikan blog anda sulit masuk dalam urutan mesin pencari (Search Engine).

Meta description juga sudah ada digunakan oleh sebagian template yang SEO friendly. Dapat dilihat didalam Edit Html atau kode XML template tersebut. Selain itu dalam menggunakan meta description yang ramah SEO juga diperlukan adanya perbedaan di setiap postingan dari blog anda.

Bagaimana menggunakan Meta Description yang berbeda-beda itu ?

Untuk langkah awal pemasangan Meta Description yang berbeda anda juga harus menggunakan tittle tag yang beragam pula, maka pastikan tittle tag di dalam template anda seperti berikut :

<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>


Cara melakukan perubahan tittle tag pada template adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke Menu TEMPLATE blog anda
  • Klik tombol EDIT HTML
  • Lalu klik tombol LANJUTKAN
  • Anda akan melihat tampilan dari HTML blog anda
  • Silahkan gunakan ctrl+F untuk mencari kode <title>
  • Ganti kode HTML di dalam <title> dengan kode diatas
  • Klik SIMPAN untuk menyimpan HTML yang telah anda ganti


Memasang META DESCRIPTION

Berikut cara mudah dalam pemasangan Meta Description :

  • Masuk ke menu SETELAN
  • Klik Submenu PREFERENSI PENELUSURAN
  • Aktifkan Ya pada opsi Deskripsi Penelusuran
  • Isi description Blog pada kolom yang tersedia
  • Klik SIMPAN PERUBAHAN


Setelah anda melakukan langkah pemasangan Meta Description, silahkan membuat post baru atau entri baru pada blog anda. Anda akan mendapati pada kolom sebelah kanan kotak pengetikan, yaitu Deskripsi Penelusuran. Silahkan isikan meta description dari artikel anda dengan mengklik pada menu tersebut.  

Lihat pada gambar berikut ini :


Demikian dulu tutorial Jurus Rahasia Cepat Belajar SEO dari saya, untuk bagian selanjutnya silahkan ikuti perkembangan hanya di blog ini.
Sekian terimakasih.


Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done