Jawaban untuk Seteguk Kenikmatan Miras




Saat ini sudah sangat banyak masyarakat yang mengenal miras dan minol. Miras pun sudah mulai bebas beredar dan mudah di dapat dalam lingkungan masyarakat. Sangat banyak pengguna dari minuman keras dan beralkohol ini. Tidak hanya orang dewasa, kini remaja bahkan anak kecil sekalipun telah ikut mengkonsumsi minuman yang sangat merusak ini.

Banyaknya pengguna miras dan minol ini akibat dari merajalelanya penjualan atau pengedaran dari minuman tersebut. Sehingga masyarakat mudah mendapati dan membeli minuman keras dan beralkohol ini dengan mudah. Minuman keras beredar tidak hanya di kota saja. Tetapi kini sudah sampai ke daerah-daerah perdesaan dan perkampungan masyarakat. Hal inilah yang membuat miras semakin luas  perkembangannya.




Sekarang saya akan membahas lebih dalam dan tajam untuk mengupas dan mendapatkan jawaban dari penggunaan miras yang sudah sangat meresahkan masyarakat saat ini.


Apa itu Miras dan Minol ?

Miras dan Minol adalah  minuman yang mengandung etanol atau juga yang sering disebut sebagai minuman alkohol, Akibat minuman keras ini dapat menyerang tingkat kesadaran orang yang mengkonsuminya akibatnya orang yang mengkonsumsi minuman keras dan beralkohol akan mengalami mabuk.

Apa efek samping penggunaannya ?



Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek samping ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.

Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV.
Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.

Carol Ann Paul ,
 seorang peneliti dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat dan timnya mengungkap

 bahwa alkohol bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan otak

Adapun penyakit yang di sebabkan oleh minuman keras, diantaranya :


  • Penyakit Jantung, Akibat dalamjangka dekatnya dapat dirasakan dengan meningkatnya detak jantung, dan juga keadaan jantung juga akan melemah sehingga tidak dapat bekerja dengan optimal. Sebenarnya ini terjadi karena minuman keras atau minuman beralkohol dapat merusak sel-sel tubuh dan juga termasuk sel-sel jantung, akibatnya kinerja jantung akan tidak optimal

  • Gairah sexual menurun,  Bagi yang sudah mempunyai istri hal ini sangat membahayakan sekali karena bila terlalu sering mengkonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol dapat menyebabkan gairah sex menurun dan selanjutnya kan menimbulkan impoten.

  • Metabolisme Tubuh Terganggu, Bahaya dari akibat minuman keras adalah merusak fungsi hati, karena hati fungsinya untuk menetralisir racun yang masuk dalam tubuh maka jika hati sampai rusak akan dapat menggangu metabolisme tubuh.
  • Gangguan terhadap Janin , Bagi ibu yang sedang hamil jika mengkonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol akibatnya sangat fatal sekali, karen anutrisi untuk janin bayinya kan terganngu, sehingga bayinya kelak dilahirkan dalam keadaan kurang sempurna, karena bagaimanapun kesehatan janin adalah dari pola makan dan tingkah laku dari sang ibu.


Apakah ada perizinannya ?

Di Indonesia, minuman beralkohol yang diimpor diawasi peredarannya oleh negara. Dalam hal ini diamanatkan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kementerian Keuangan. Dalam istilah Kepabeanan dan Cukai; minuman beralkohol disebut sebagai MMEA (Minuman Mengandung Ethyl Alkohol). Impor/ pemasukan MMEA dari luar negeri dilakukan khusus oleh importir khusus. Di samping MMEA Impor, Bea Cukai juga memiliki kewenangan untuk mengontrol secara penuh pendirian pabrik MMEA dalam negeri. Setiap badan usaha yang hendak memproduksi MMEA, maka ia wajib memiliki NPPBKC (Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai).

Pengawasan MMEA di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh DJBC, namun juga oleh pemerintah daerah. Mengingat efek negatif yang ditimbulkan akibat dari mengkonsumsi MMEA tersebut.
MMEA ini juga di golongkan dalam 3 golongan, yaitu golongan A (kurang dari 5%), golongan B (5% s.d. 20%), golongan C (lebih dari 20%).


Untuk mengendalikan peredaran MMEA pemerintah melalui DJBC mengenakan tarif cukai pada tiap liter MMEA (penggunaan tarif spesifik).


Apa hukumnya bagi agama ?

Islam telah mengharamkan, zina, riba, babi, dan minuman keras karena terdapat bahaya dan kerusakan di dalamnya. Allah telah mengharamkan Khamar, minuman keras dan sejenisnya, berikut dalil yang mengharamkan minuman keras :




Siapa yang menjadi sasaran agar terjerumus dalam miras ?

Seperti yang sudah saya bahas di awal tadi, bahwa pengguna miras tidak hanya tergantung dari tua atau muda nya seseorang. Miras kini sudah banyak dikonsumsi oleh remaja dan anak-anak. Kehidupan dan lingkungan mereka yang mendorong dan menjerumuskan kaum muda itu kepada penggunaan miras dan minol yang berbahaya. Ditambah pergaulan di dalam masyarakat sekitarnya yang sudah tidak layak di contoh
oleh kaum muda tersebut.

Apalagi remaja sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Rasa dan hasrat ingin tahu mereka juga mendorong sehingga mereka mudah terjerumus kedalam jeratan miras dan minol. Karena remaja sangat suka mengikuti dan lebih mempercayai teman dari pada orang di dekatnya. Oleh sebab itu, lingkungan tempat tinggal merupakan hal yang harus diperhatikan.




Lingkungan mana saja yang perlu di perhatikan adalah :
  • Lingkungan tempat pendidikan 

    Sebab di sini adalah proses dimana mereka mendapat ilmu pengetahuan agar dapat menjaga tubuh mereka dari hal-hal yang negatif.
  • Lingkungan sekitar rumah

    Di dalam lingkungan ini merupakan tempat mereka tumbuh dan berkembang, sehingga sangat besar pengaruh yang di berikan.
  • Lingkungan dalam rumah tangga

    Peran serta orangtua dan keluarga juga dibutuhkan untuk mencegah seseorang dari penggunaan miras dan minol.
  • Lingkungan tempat kerja

    Pengaruh dari rekan kerja juga dapat menjerumuskan kita kedalam jeratan miras 

Cintai hidup? jauhi minuman keras dan alkohol sekarang juga !



Bagaimanakah cara mencegah penggunaan miras ?

Mencegah merupakan cara yang lebih baik dalam memberantas dan memusnahkan penggunaan dari miras dan minol yang merajalela. Ada banyak cara efisien yang dapat kita lakukan bersama dalam menanggulanginya. Dengan menegakkan peraturan dan tata tertib di dalam lingkungan sekitar kita juga merupakan cara yang tepat untuk mencegahnya.

Memberikan penyuluhan di dalam masyarakat sangat penting dalam menyadarkan mereka semua sebagai pengguna dan pecandu miras. Peran serta pemuka agama dan tokoh masyarakat sangat penting di sini.
Selain itu, dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan positif dan memperkuat tali persaudaraan dalam hubungan bermasyarakat juga dapat memberikan kemudahan dalam misi untuk pencegahan ini.

Aparatur pemerintahan adalah bagian yang sangat vital dalam pencegahan dan pengedaran dari penggunaan miras. Seharusnya pemerintah lebih baik mengawasi dan menyelidiki produksi minuman keras yang sangat banyak di pasaran. Dengan keikut serta pemerintahan dapat menjadi pelengkap dalam hal pencagahan miras dan alkohol.


Tinggalkan Miras dan raihlah impian untuk menggapai mars


Dapatkah kita hanya sekedar diam dan termenung melihat kehancuran anak-anak bangsa, hanya karena menggunakan atau mengkonsumsi minuman keras yang sudah jelas dapat merusaknya.
Bagaimana kita meningkatkan sumber daya manusia bangsa ini ? Ini semua tergantung dari tangan kita bersama. Mulailah dari sekarang umtuk duduk bersama dan berdiri memberantas kegagalan di dalam sistem bangsa ini.







7 comments