Hambatan dalam proses pengembangan diri dan cara mengatasinya - akuiki
Baru Update
Loading...

Hambatan dalam proses pengembangan diri dan cara mengatasinya



Akuiki.com - Pada dasarnya setiap manusia diberi anugerah oleh Sang Pencipta berupa kemampuan berpikir yang sangat luar biasa. Jika dapat dikembangkan dengan baik maka kebahagiaan serta kesuksesan dapat diraih. Namun, tak sedikit orang yang mengalami masalah yang dapat menghambat proses pengembangan diri-nya.

Agar dapat mengembangkan diri pada berbagai aspek kehidupan, seperti prestasi, karier, income, serta hubungan dengan orang lain, Anda harus mengatasi masalah tersebut. Apa saja masalah yang merupakan hambatan dalam proses pengembangan diri? Berikut informasi lengkapnya:

1.     Tidak Dapat Mengelola Waktu Dengan Baik


Hambatan yang paling besar dan sering dialami oleh seseorang dalam proses pengembangan diri-nya adalah tidak mampu mengelola waktu dengan baik. 24 Jam dalam sehari sebenarnya waktu yang cukup untuk melakukan banyak hal bermanfaat. Namun, tak jarang yang menunda-nunda pekerjaan sehingga waktu menjadi tidak efektif.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengagendakan segala sesuatu dalam sehari. Buatlah rencana, jika perlu tuliskan dalam buku apa saja yang akan Anda lakukan selama 24 jam waktu Anda. pastikan untuk mengerjakannya sesuai dengan rencana yang telah ditulis.

Jangan sampai terperangkap pada kemalasan sehingga waktu yang berharga menjadi terbuang percuma. Dengan mengelola waktu secara efektif, Anda bisa melakukan proses pengembangan diri dengan baik.


2.     Mudah Kehilangan Fokus


Banyak orang yang mudah teralihkan dengan sesuatu yang dianggap lebih menarik ketimbang hal yang sedang dikerjakannya. Misalnya dibanding menyelesaikan tugas, Anda lebih suka bermain gadget atau menonton TV. Bahkan seringkali ketika melakukan pekerjaan diselingi dengan chat bersama teman yang menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Jika Anda mudah kehilangan fokus maka artinya kesuksesan sedang ditunda. Hal tersebut juga membuat Anda melupakan tujuan awal. Untuk mengatasinya, Anda harus tegas terhadap diri sendiri. Kuatkan niat dan selalu berkomitmen terhadap tujuan yang telah Anda tetapkan.

3.     Membatasi Diri


Seringkali Anda membatasi diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Bahkan Anda telah terperangkap dalam dinding imaginer yang telah dibangun sendiri. Pada alam bawah sadar, Anda sering menanamkan nilai kepercayaan yang membatasi atau limiting belief terhadap potensi dalam diri.

Belief tersebut bisa muncul dari sugesti yang diterima secara eksternal maupun dari peristiwa traumatis yang pernah dialami. Jika ingin terus mengembangkan diri, mulailah untuk merobohkan dinding imaginer Anda.

Selalu berikan pengaruh positif dalam diri bahwa Anda mampu. Belajarlah untuk berfikir diluar kotak. Cobalah untuk menjadi orang yang kreatif. Jadikan segala hal yang menurut Anda merupakan kekurangan menjadi sebuah kekuatan yang mampu merubah hidup Anda.

4.     Takut Melakukan Kesalahan


Untuk menjadi orang yang sukses, Anda harus berani melakukan kesalahan. Gagal berkali-kali adalah menu wajib bagi orang sukses. Tak ada kesuksesan yang didapat secara instan. Dengan melakukan kesalahan, Anda akan belajar untuk intropeksi diri dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Jika Anda takut melakukan kesalahan maka mustahil dapat mengembangkan potensi yang ada. Selain itu, tanpa mencoba, kesuksesan juga tidak bisa didapat.

5.     Kurangnya Sistem Pendukung


Sumber kekuatan dan inspirasi bagi diri adalah orang di sekitar. Namun, banyak orang yang tidak mendapatkan dukungan bahkan dari orang-orang terdekatnya. Sehingga kehilangan gairah dan semangat untuk terus melakukan proses pengembangan diri.

Cara mengatasinya yaitu carilah orang yang memiliki visi dan misi yang sama sebanyak-banyaknya, meskipun hanya di dunia maya. Buatlah forum untuk membahas segala hal yang menyangkut potensi Anda. Dengan begitu maka Anda akan kembali mendapatkan semangat dan inspirasi.

Masalah selalu ada selama Anda masih hidup di dunia. Jadi, hadapilah dan terus lakukan pengembangan diri hingga Anda menjadi orang yang sukses.

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done