Coba Kembangkan Diri dengan 7 Aktivitas Pengembangan Diri Berikut Ini! - akuiki
Baru Update
Loading...

Coba Kembangkan Diri dengan 7 Aktivitas Pengembangan Diri Berikut Ini!



Hey sobat akuiki. Sudah hidup sekian lama tapi ternyata masih saja belum mengenali potensi diri sendiri? Memang mengenali diri sendiri adalah hal yang terlihat sederhana, namun nyatanya sudah puluhan tahun hidup di dunia masih saja ditemukan banyak orang yang tidak bisa mengenali karakter dan potensi apa saja yang ada di dalam dirinya.
Jika Anda mengenali karakter diri Anda sendiri tentu akan lebih mudah untuk bisa menemukan potensi apa saja yang ada di dalam diri Anda. Secara tidak langsung Anda akan melakukan aktivitas pengembangan diri sesuai minat dan bakat dalam diri Anda.
Untuk menggali potensi diri memang bukanlah hal yang mudah, namun Anda harus tetap berusaha meskipun pernah gagal dalam melakukannya. Nah berikut ini merupakan aktivitas pengembangan diri yang bisa Anda coba lakukan:

1.     Membenahi Pola Hidup

Dalam melakukan pengembangan diri sebaiknya dilakukan dengan cara dari dalam ke luar. Maksudnya adalah coba memulai dari dalam diri Anda. Jika misalnya selama ini Anda sudah terbiasa dengan melakukan kegiatan bermain game atau bekerja hingga larut malam cobalah untuk membenahi pola hidup Anda.
Kesehatan menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda harus membenahi pola hidup yang selama ini sudah Anda jalankan. Meskipun Anda terlihat nyaman-nyaman saja dalam melakukannya, ingatlah bahwa tubuh Anda sedang berteriak protes bahwa dia butuh istirahat.
Selain mengubah kebiasan tidur hingga larut malam, cobalah untuk merapikan kamar Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang. Dengan suasana kamar yang rapi dan bersih, akan terlahir ide-ide besar dari diri Anda.

2.     Rancang Masa Depan

Dalam menjalani hidup tentu saja tidak selamanya berjalan mulus, ada saja masalah-masalah yang dihadapi. Kadang Anda bisa mengatasi, tak jarang juga membuat Anda patah hati.
Dalam menghadapi kegagalan, entah dalam belajar, bisnis  bahkan percintaan memang bukanlah hal yang mudah. Menghadapi kenyataan diluar ekspektasi memang sesuatu yang sulit dan dibutuhkan kesabaran. Namun, Anda harus tetap berjuang. Karena untuk meraih kesuksesan memang dibutuhkan perjuangan yang keras. Jalannya pun tidak mudah.
Semua kegagalan yang pernah Anda alami, lupakan. Ambil hikmah untuk dijadikan pelajaran di masa depan. Jika memang harus terjatuh, maka segera bangkitlah. Rancang masa depan dengan sempurna dan lakukan satu pertahun secara bertahap.

3.     Fokus

Setelah Anda memiliki segenap rencana tentang masa depan yang lebih baik, mulailah untuk fokus. Tak usah dengarkan omongan orang lain terhadap diri Anda. Hal ini terkadang akan membuat Anda down dan patah hati untuk bisa melanjutkan semuanya.
Fokus pada kelebihan yang Anda miliki. pengembangan diri dari dalam untuk bisa menciptakan segala hal yang positif. Tidak usah perhatikan kekurangan Anda jika memang membuat Anda terpuruk. Kecuali jika Anda bisa menerima kekurangan Anda dan mengambil perjalanan Anda untuk memperbaiki diri di masa depan, tentu boleh saja.
Dengan berfokus pada kelebihan yang Anda miliki tentu akan menjadi salah satu kekayaan hati. Anda akan jauh lebih bersyukur dalam menjalani hari. Anda bisa mengikuti talkshow, workshop dan lain sebagainya untuk mendukung bakat Anda. Tetap semangat dan terus berusaha untuk bisa menggapai cita-cita. 


Nah itulah beberapa aktivitas yang bisa coba Anda lakukan untuk menggali potensi diri dalam pengembangan diri Anda. Sekali lagi, memang bukanlah hal yang mudah, namun harus Anda coba dan berusaha. Tanamkan dalam hati jika Anda bisa! Percaya pada diri sendiri bahwa Anda mampu melakukannya.

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done