Solusi Bangkit Dalam Menghadapi Bonus Demografi - akuiki
Baru Update
Loading...

Solusi Bangkit Dalam Menghadapi Bonus Demografi



Saat ini menurut survey blak-blakan dari saya sendiri dan tanpa dicampuri oleh pihak-pihak manapun, Indonesia selain penduduknya yang amat banyak juga menempati peringkat penderita galau terbanyak di dunia. *maap lebay dikit*.
Tetapi penderita dari penyakit galau yang timbul akibat tidak sejalannya pikiran dan perasaan ini bukan hanya datang dari permasalahan cinta saja.
Namun penyakit ini juga timbul akibat permasalahan lain seperti masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, politik, serta agama sekalipun.

Permasalahan yang teramat banyak inilah yang membuat Indonesia menjadi peringkat penderita penyakit galau terbanyak di dunia. *menurut survey sendiri*.
Lalu, bagaimana caranya biar kita bisa move on? untuk itu saya ingin membahas sedikit dari hal-hal yang membuat bangsa kita galau dan apasaja solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui blog sederhana saya ini. *benerin kerah baju*.



Memberikan Perubahan Kearah Yang Lebih Baik

Setiap aspek kehidupan membutuhkan tahapan untuk melangkah kearah yang lebih baik. Dan di dalam menjalani hidup pun kita tidak harus takut mengalami kegagalan. Karena kegagalan merupakan batu loncatan untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi.
Maka setiap terjatuh, disaat itulah anda semakin kuat.
Pengalaman gagal ini tidaklah pengamalan buruk yang anda alami, akan tetapi inilah yang mendorong kita untuk selalu melangkah kearah yang terbaik.
Jangan lah hanya berdiam termenung setelah mengalami kegagalan ini. Bangkit dan susun kembali rencana untuk menggapai tujuan hidup.

Pengalaman Untuk Kemajuan

Pada saat anda telah kembali berdiri dan melangkah kedepan, anda akan merasakan sendiri betapa berpengaruhnya pengalaman kegagalan yang telah anda dapat. Jadikanlah itu sebagai petunjuk arah untuk mendapatkan hasil yang indah.
Walaupun kegagalan berikutnya telah menanti di depan dan akan anda dapati lagi, anda telah siap untuk tidak akan merasa putus asa lagi.
Bawa dan tujukan kembali arah hidup anda kearah yang lebih baik untuk menggapai kesuksesan itu.
Dengan demikian anda akan menjadi salah satu penggerak bangsa Indonesia menuju perubahan untuk peningkatan yang lebih baik.

Kembali Melangkah Kedepan

Apabila setiap orang memiliki kemampuan untuk membawa diri kearah yang lebih baik, maka ini akan memperbaiki permasalahan yang ada di dalam aspek kehidupan kita baik itu dari segi ekonomi maupun sosial. Dan tentu saja dapat menekan angka kemiskinan  di indonesia.
Eh,, apa hubungan dengan kemiskinan?
Ini akan menakan angka kemiskinan karena, setiap masyarakat Indonesia telah memiliki prinsip untuk bangkit dari keterpurukan dan pantang menyerah untuk meraih kesuksesannya masing-masing.



Mengurangi Angka kemiskinan Bangsa

Untuk membentuk indonesia menjadi negara yang move on, kemiskinan merupakan salah satu permasalahan utama yang harus dihadapai. Masalah kemiskinan dianggap sebagai salah satu hal yang menghambat proses pembangunan sebuah negara.
Salah satu negara yang masih dibelit oleh masalah sosial ini salah satunya adalah indonesia.
Angka kemiskinan di tingkat masyarakat masih cukup tinggi.
Meskipun oleh lembaga statistik negara, selalu dinyatakan bahwa setiap tahun angka kemiskinan cenderung menurun.

Berantas Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Ia di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.
Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat.
Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembanguan nasional.

Peran Pemerintah Mengatasi Kemiskinan

Untuk mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah memiliki peran yang besar. Namun dalam kenyataannya, program yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan ini. Ada beberapa program pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan ini.
Seperti di antaranya adalah program Bantuan Langsung Tunai yang merupakan kompensasi yang diberikan usai penghapusan subsidi minyak tanah dan program konversi bahan bakar gas.
Selain itu ada juga pelaksanaan bantuan di bidang kesehatan yaitu jaminan kesehatan masyarakat atau Jamkesnas.

Namun kedua hal tersebut tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan. Bahkan beberapa pakar kebijakan negara menganggap, bahwa hal tersebut sudah seharusnya dilakukan pemerintah. Baik ada atau tidak ada masalah kemiskinan di indonesia.
Negara wajib menyediakan jaminan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang dasar 1945.


Musnahkan Korupsi

Salah satu penyebab dan masalah suatu bangsa susah untuk move on ialah menghapuskan korupsi yang ada di negaranya. Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga negara sebagaimana mestinya. Akibat adanya korupsi banyak program-program dari pemerintah yang tidak dapat berjalan dengan baik.

Padahal program yang telah dibuat oleh pemerintah tersenut sangat berpengaruh untuk masyarakat dalam meningkatkan aspek kehidupan. Pemberansatasan korupsi tidak harus dimulai dari yang tervesar saja.
Ada sangat banyak bentuk dari korupsi tersebut. Seperti halnya korupsi waktu. Setiap pekerja maupun pemimpin banyak yang tidak memanfaatkan waktu kerjanya dengan baik. Sehingga ini menyebabkan tidak maksimalnya pekerjaan yang mereka kerjakan. Mari bersama kita cegah korupsi dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar sekalipun.

Godaan Setan Korupsi


Perbaikan pada Masalah Sektor Pendidikan

Salah satu langkah dari strategi dan cara menanggulangi kemiskinan adalah perbaikan atas kualitas pendidikan. Memang, Indonesia telah mencapai hasil yang memuaskan dalam meningkatkan partisipasi di tingkat pendidikan dasar 9 tahunnya.
Hanya saja masih ada keluarga miskin yang terpaksa tidak bisa melanjutkan sekolah dan efeknya keluar dari sekolah. Penyebab yang utama dari masalah diatas adalah mahalnya biaya pendidikan yang juga diikuti oleh buruknya kualitas pendidikan.

Sekarang kita tidak perlu mencari-cari penyebab kesalahan dari masalah ini. Penyelesaian dan solusi menjadi hal yang harus kita bicarakan bersama. Banyaknya permasalahan sarana dan prasarana sekolah harus menjadi fokus utama sekolah. Bangunan sekolah menjadi suatu tempat peneduh bagi para anak sekolah. Perlunya penanganan dan bantuan perbaikan gedung sekolah seharusnya menjadi prioritas utama.

Tetapi kenyataannya tidak, sekolah yang bangunannya ambruk dan meminta bantuan pada pemerintah melalui dinas pendidikannya mendapat respon yang lambat.
Kalau saja prosedur yang salah atau prosedur yang complicated, Kenapa hal ini harus terjadi?

Okay, jangan galau lagi yah bangsaku. *senyum*.
Demikian sedikit pembahasan dari saya tentang bagaimana cara dan solusi Indonesia untuk bisa bangkit dalam menghadapi bonus demografi. Artikel ini masih membahas sedikit dari sekian banyak permasalahan dan penyebab Indonesia susah untuk move on. *minum kopi*. Karena sangat banyak apabila kita membahas semua yang menjadi penyebab kegalauan bangsa kita tersebut. Kalau tidak segera kita perbaiki sekarang, mau sampai kapan seperti ini?


Referensi :
- Google : http://google.com


Illustration Design : 
Rizki Gusti Pratama (blogger akuiki)

Bagikan ini ke Teman Kamu

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada info guys..
Done